7 Pilihan Takjil Sehat dan Lezat untuk Buka Puasa
7 Pilihan Takjil Sehat dan Lezat untuk Buka Puasa
Sabtu, 09 Maret 2024 10:40 WIB | 266 views
Saat menjalani ritual berbuka puasa, sangat penting untuk memilih takjil yang sehat guna menjaga kesehatan tubuh Anda selama bulan Ramadan. Dengan memilih dengan bijaksana, Anda dapat memastikan bahwa ibadah Anda tetap optimal. Berikut adalah beberapa pilihan takjil yang sehat untuk membuka puasa:

1. Smoothies Buah

Smoothies buah (Foto: nerudol/Getty Images)

Smoothies buah adalah pilihan yang segar dan memuaskan untuk menghilangkan rasa haus. Biasanya terbuat dari campuran yoghurt atau susu dengan potongan buah segar, smoothies ini dapat disesuaikan sesuai selera Anda. Menggunakan susu rendah lemak dan tanpa tambahan gula adalah pilihan terbaik untuk menjaga kandungan kalori yang rendah.

2. Kolak Pisang Tanpa Santan

Kolak Pisang (Foto: ferlistockphoto/Getty Images/iStockphoto)

Kolak merupakan hidangan klasik saat berbuka puasa, tetapi Anda dapat membuat versi yang lebih sehat dengan mengganti santan dengan susu skim dan pemanis buatan rendah kalori. Ini akan tetap memberikan rasa manis yang Anda inginkan tanpa meningkatkan kadar gula darah secara berlebihan.

3. Lumpia Buah Basah

Lumpia Buah Strawberry

Lumpia buah basah adalah alternatif yang segar dan sehat untuk lumpia tradisional. Mengganti isi lumpia dengan berbagai potongan buah memberikan variasi yang menarik. Anda dapat menambahkan sentuhan renyah dengan menggoreng atau memanggang lumpia, atau membuat versi yang lebih praktis dengan menggunakan rice paper sebagai pembungkus.

4. Puding Buah

Puding Buah

Puding buah adalah hidangan manis yang dapat disesuaikan dengan preferensi Anda. Dibuat dengan menggunakan agar-agar tawar dan potongan buah segar, puding ini merupakan pilihan yang lebih sehat daripada puding tradisional yang mengandung banyak gula. Vla yang dibuat dengan kuning telur, vanili, dan susu rendah lemak dapat menjadi pelengkap yang sempurna.

5. Es Buah

Es Buah (Foto: ALEKSEI BEZRUKOV/Getty Images/iStockphoto)

Es buah adalah hidangan yang populer dan menyegarkan saat berbuka puasa. Untuk membuat versi yang lebih sehat, Anda dapat menggunakan kuah berbahan dasar air, perasan lemon, dan madu sebagai pengganti sirup dan krim kental manis. Dengan menambahkan berbagai jenis buah segar, Anda dapat mendapatkan asupan gizi yang beragam.

6. Salad Sayur dan Buah

Salad Buah dan Sayur

Salad sayur dan buah adalah pilihan yang kaya serat dan nutrisi untuk berbuka puasa. Dengan menghindari saus yang tinggi garam, gula, dan lemak, Anda dapat memastikan bahwa hidangan ini tetap sehat. Dressing salad yang dibuat dengan minyak zaitun, madu, lemon, dan yoghurt tanpa gula dapat menjadi pilihan yang lezat dan sehat.

7. Sup

Sup Daging (Foto: Tyas Indayanti/Getty Images/iStockphoto)

Sup adalah hidangan yang memberikan asupan serat dan cairan yang penting setelah berpuasa. Dengan menggunakan berbagai macam sayuran dan meminimalkan penggunaan garam berlebih, Anda dapat menjaga sup tetap sehat dan bergizi. Menambahkan potongan daging atau ayam juga dapat meningkatkan asupan protein Anda, sehingga membantu menjaga kenyang lebih lama.


Saat berbuka puasa, hindari atau batasi konsumsi makanan manis, gorengan, makanan berkuah santan, dan makanan berlemak. Memilih takjil yang sehat dan seimbang akan membantu menjaga kondisi tubuh Anda selama bulan Ramadan, sehingga Anda dapat menjalani ibadah dengan baik.


Berikan Komentar Via Facebook