Delapan Bangunan Masjid Terbesar di Indonesia yang Mampu Menampung Ribuan Jemaah
Delapan Bangunan Masjid Terbesar di Indonesia yang Mampu Menampung Ribuan Jemaah
Sabtu, 02 Maret 2024 10:40 WIB | 579 views

Indonesia, dengan populasi Muslim terbesar di dunia, memiliki keberagaman budaya yang tercermin dalam arsitektur masjidnya. Dari pusat kota hingga pelosok, masjid-masjid ini tidak hanya menjadi tempat ibadah, tetapi juga simbol kebesaran dan keragaman Islam di Indonesia. 


Berikut adalah 8 masjid terbesar yang ada di Indonesia dilansir dari laman detikHikmah. 


1. Masjid Istiqlal, Jakarta


Masjid Istiqlal, Jakarta (Foto: hanafichi/Getty Images/iStockphoto)

Masjid Istiqlal, yang menjadi lambang kemerdekaan dan kerukunan antaragama, memiliki luas bangunan 2,5 hektare dan mampu menampung sekitar 100.000 jemaah. Dengan gaya arsitektur Islam modern, masjid ini terletak di pusat kota Jakarta.

Lokasi Masjid Istiqlal sangat strategis karena berada di pusat kota. Letaknya berdampingan dengan Gereja Katedral di Kecamatan Sawah Besar untuk menunjukkan bentuk kerukunan beragama.


2. Masjid Al-Akbar, Surabaya


Masjid Al-Akbar, Surabaya (Foto: User10095428_393/iStockphoto)

Berdiri di lahan seluas 11,2 hektar, Masjid Al-Akbar Surabaya mampu menampung hingga 60.000 jemaah. Kubahnya yang megah dan menara setinggi 99 meter menjadi ciri khasnya.

Dikutip dari situs resmi MAS, berdirinya masjid ini tercetus karena keinginan warga Surabaya untuk memiliki masjid dengan skala nasional. Sebab, Surabaya yang merupakan kota terbesar nomor dua di Indonesia, memiliki populasi Muslim sekitar 90 persen dari total penduduk 4 juta jiwa.

MAS dibangun pada 4 Agustus 1995 atas gagasan mantan Walikota Surabaya Soenarto Soemoprawiro. Sedangkan peletakan batu pertama dilakukan oleh mantan Wakil Presiden Try Sutrisno. MAS diresmikan oleh mantan Presiden Abdurrahman Wahid pada 10 November 2000.


3. Masjid Islamic Center, Samarinda


Masjid Islamic Center, Samarinda (Foto: Nicolas Farisky/Getty Images/iStockphoto)

Masjid ini memiliki luas sekitar 43.500 meter persegi dan mampu menampung 40.000-45.000 jemaah. Dengan arsitektur yang sangat detail, masjid ini menjadi salah satu dari masjid terbesar di kawasan Asia Tenggara.

Arsitektur Masjid Islamic Center Samarinda sangat detail. Terdapat tujuh buah menara yang terdiri atas satu menara utama dan enam anak menara lainnya. Induk menara memiliki tinggi 99 meter yang menyimbolkan Asmaul Husna. Selain itu, ketika memasuki bangunan utama masjid, jamaah akan melewati 33 anak tangga yang sama seperti jumlah biji tasbih.

Bahkan dari sisi dinding saja sudah memiliki sentuhan bernuansa Haghia Sophia. Jika dilihat sekilas, bentuk kubah dari Masjid Islamic Centre hampir menyerupai Haghia Sophia yang berada di Istanbul, Turki.


4. Masjid Raya Baiturrahman, Aceh


Masjid Raya Baiturrahman, Aceh (Foto: ishak mutiara/Getty Images)

Masjid ini merupakan simbol kebanggaan orang Aceh dan mampu menampung sekitar 30.000 jemaah. Arsitekturnya yang bercorak eklektik menggambarkan perjuangan sejarah dan keberanian warga Aceh.

Masjid yang didirikan oleh Sultan Iskandar Muda pada tahun 1607-1636 itu menjadi saksi bisu pahit getirnya warga Aceh melawan Belanda, pergolakan pasca kemerdekaan, bencana gempa dan tsunami, hingga perjanjian damai GAM-RI. Masjid yang berdiri sekarang merupakan pengganti dari masjid raya yang telah Belanda bakar saat menaklukkan Aceh.


5. Masjid Al-Jabbar, Bandung


Masjid Al-Jabbar, Bandung (Foto: syahrir maulana/Getty Images/iStockphoto)

Masjid ini baru diresmikan pada Desember 2022 dan dapat menampung hingga 30.000 jemaah. Dengan arsitektur modern kontemporer, masjid ini juga memiliki elemen seni dekoratif khas Jawa Barat.

Arsitektur Masjid Raya Al Jabbar dirancang dari perpaduan arsitektur modern kontemporer dengan aksentuasi masjid Turki yang dihiasi seni dekoratif khas Jawa Barat. Bangunan utama masjid tidak memisahkan dinding, atap, dan kubah, melainkan hasil peleburan ketiganya menjadi satu bentuk setengah bola raksasa.


6. Masjid Dian Al-Mahri, Depok


Masjid Dian Al-Mahri, Depok (Foto: Bing Bang/Getty Images/iStockphoto)

Dikenal sebagai Masjid Kubah Emas, masjid ini memiliki kubah yang dilapisi dengan emas sungguhan. Masjid seluas 8.000 meter persegi itu berdiri di atas tanah 5 hektare dengan daya tampung sekitar 20.000 jamaah. Proses pembangunan Masjid Kubah Emas Depok dimulai dari tahun 2001 hingga 2006. Selain menjadi salah satu masjid terbesar, keindahan arsitektur dan filosofi yang terkandung di dalamnya membuatnya menonjol. 


7. Masjid Agung Jawa Tengah, Semarang


Masjid Agung Jawa Tengah, Semarang (Foto: Ainur Mufid/Getty Images/iStockphoto)

Masjid yang berlokasi di Gayamsari, Semarang ini dibangun mulai tahun 2002 dan diresmikan pada tahun 2006. Sentuhan arsitektur Jawa terlihat pada desain tanjung di bagian bawah pilar utama. Sedangkan untuk sentuhan gaya Yunani berada di 25 pilar berwarna ungu.

Masjid ini memiliki luas area sekitar 10 hektare dan dapat menampung hingga 10.000 jemaah. Dengan sentuhan arsitektur Jawa dan Yunani, masjid ini juga mengadaptasi payung hidrolik seperti Masjid Nabawi di Madinah. 


8. Masjid Sheikh Zayed Al-Nahyan, Solo


Masjid Sheikh Zayed Al-Nahyan, Solo (Foto: Roderick Adrian/Kompas.com)

Masjid satu ini merupakan hadiah Pangeran UEA Mohamed bin Zayed untuk Presiden Joko widodo (Jokowi) di Solo, Jawa Tengah dan baru saja diresmikan pada 14 November 2022. Masjid Sheikh Zayed yang terletak di Jalan A Yani Nomor 128, Gilingan, Kecamatan Banjarsari ini memiliki luas sekitar 8.000 meter persegi dan dapat menampung hingga 10.000 orang.

Selain bangunan utama masjid, di dalamnya terdapat ruang VIP, perpustakaan seluas 20 meter persegi, dan basement yang digunakan untuk tempat wudhu putra dan putri. Selain untuk sholat, masjid bernuansa putih dan emas ini bisa dimanfaatkan untuk pengajian dan wisata religi. Adapun kubah-kubah kecil dan ornamen bangunan khas Timur Tengah. Arsitektur Islam modern ini menggambarkan persahabatan antara UEA dan Indonesia.


Semua masjid ini bukan hanya tempat ibadah, tetapi juga menjadi destinasi wisata religi yang mempesona dan berarti bagi masyarakat Indonesia. Semoga informasi yang telah disampaikan bermanfaat! 



Berikan Komentar Via Facebook